Akhirnya Colombia Juara Grup C

PIALA DUNIA

  • 25 Juni 2014
  •  
  • • 03:00
  •  
  • • Arena Pantanal, Cuiabá, Mato Grosso
  • Wasit: Pedro Proença
  •  
  • • Penonton: 40340

  • Kolombia memastikan diri finis sebagai juara Grup C Piala Dunia 2014 usai menghempaskan perlawanan Jepang 4-1 di laga pemungkas grup di Cuiaba, Rabu (25/6) dinihari WIB.
    Jackson Martinez menyumbang dua gol di pertandingan ini, dan dua gol lainnya dilesakkan Juan Cuadrado lewat titik putih serta James Rodriguez di pengujung laga. Jepang hanya bisa memasukkan satu gol di babak pertama lewat Shinji Okazaki.
    Dengan status sebagai juara grup, Kolombia akan berhadapan di babak 16 besar dengan wakil Amerika Latin lainnya yang merupakan runner-up Grup D, Uruguay. Sementara itu, Jepang harus angkat koper menyusul wakil Asia lainnya yang sudah lebih dahulu pulang, Australia. Runner-up grup adalah Yunani yang secara dramatis menang 2-1 atas Pantai Gading.
    Babak Pertama
    Jepang mengawali pertandingan babak pertama dengan cukup menjanjikan, dengan terus menekan pertahanan Kolombia. Pada menit kesepuluh, tim Samurai Biru mendapat peluang emas. Shinji Kagawa merebut bola dari tengah lapangan dan merangsek masuk ke kotak penalti lawan, sudah ada Yoshita Okubu yang menyambut dengan tendangan langsung ke arah gawang, namun hanya menyamping.
    Petaka terjadi pada menit ke-16. Yasuyuki Konno melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Bertindak sebagai eksekutor tendangan penalti, Cuadrado sukses menjaringkan bola ke tengah gawang.
    25 menit babak pertama berjalan, Kolombia nyaris mendapat hadiah penalti lagi ketika Konno terlihat menjegal Martinez di kotak terlarang. Namun, wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.
    Dua menit berselang, Kagawa memiliki peluang sangat baik ketika ia mampu melewati penjagaan dua bek lawan dan melepaskan tembakan keras ke arah gawang, namun bisa ditepis David Ospina.
    Peluang bagus kembali didapatkan Jepang pada menit ke-33. Keisuke Honda melakukan tendangan bebas yang cukup berbahaya, namun bola hanya melebar ke sisi gawang.
    Ketika pertandingan menyisakan tiga menit lagi di waktu normal, Kolombia nyaris menggandakan keunggulan. Adrian Ramos mengirim umpan mendatar, yang mampu diselesaikan oleh Martinez dengan tembakan ke arah gawang, namun hanya tipis ke sisi gawang.
    Jepang akhirnya bisa menyamakan kedudukan di injury time. Honda mengirim bola ke tiang dekat, yang langsung disambar oleh Okazaki menjadi gol.
    Babak Kedua
    Kedudukan imbang di babak pertama membuat permainan di paruh kedua menjadi menarik. Kedua tim silih berganti melakukan serangan.
    Namun, Kolombia yang mampu menciptakan keunggulan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-55. Rodriguez tidak egois dengan memberi bola kepada Martinez, yang dituntaskan dengan tembakan keras ke arah gawang.
    Tertinggal, Jepang berusaha cepat merespons. Tiga menit setelah gol tadi, Kagawa memiliki peluang ketika ada di depan kotak penalti, namun tendangan kerasnya hanya melambung di atas gawang Ospina. Dua menit kemudian, Yuto Nagatomo mengirim umpan dari sisi kiri, yang diteruskan dengan sundulan Yoshito Okubo, namun tidak mengenai target.
    Okubo kembali mendapat peluang pada menit ke-66 ketika tandukannya dari jarak cukup dekat masih belum membuahkan hasil.
    Kolombia nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-73 ketika Martinez dan Ramos bekerjasama di dalam kotak penalti, namun dengan sigap bek Atsuto Uchida memotong serangan lawan.
    Peluang Jepang habis sudah ketika Martinez mampu mencetak gol keduanya pada menit ke-82. Rodriguez kembali memberi umpan cerdik untuk rekannya itu, yang diteruskan dengan sepakan indah dari dalam kotak penalti.
    Ketika pertandingan akan memasuki injury time, Rodriguez kini yang giliran mencetak gol. Terlepas dari jebakan off-side, ia menerima umpan Ramos dengan masuk ke sisi kanan kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke arah gawang. 
    Kolombia sempurna di Grup C dengan meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan!
    LihatTutupKomentar