Hasil Skor Nigeria vs Bosnia-Herzegovina

PIALA DUNIA

  • 22 Juni 2014
  •  
  • • 05:00
  •  
  • • Arena Pantanal, Cuiabá, Mato Grosso
  • Wasit: P. O'Leary
  •  
  • • Penonton: 40499

Nigeria secara mengejutkan mampu meraih kemenangan tipis 1-0 atas Bosnia & Herzegovina, dalam lanjutan Grup F Piala Dunia 2014, Minggu (22/6) dini hari WIB.
Peter Odemwingie jadi pahlawan The Eagle Afica lewat gol tunggalnya di menit ke-29. Hasil tersebut sekaligus memastikan tersingkirnya Naga Balkan dari Piala Dunia 2014.
Babak Pertama
Paruh pertama berlangsung seru dengan permainan terbuka yang disajikan kedua tim bertanding. Bosnia & Herzegovina membuka laga dengan impresif! Edin Dzeko melewati satu pemain Nigeria di tengah lapangan. Striker Manchester City itu pun berlari hingga ke depan areal penalti sebelum melepas umpan ke sayap kanan. Sayang, crossing rekan setimnya berhasil dihalau pertahanan Nigeria.
Nigeria membalas di menit ketiga, berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Musa, bola bergulir ke depan kotak penalti Bosnia & Herzegovina. Ogenyi Onazi melepaskan tembakan keras, tapi bola masih menyamping ke sisi kanan gawang Asmir Begovic.
Serangan terus silih berganti, tidak ada tim yang mendominasi jalannya laga. Nigeria kembali menebar ancaman di menit ketujuh. Sepakan bebas Peter Odemwingie berhasil melewati pagar hidup. Bola lantas bergulir cepat ke sisi kanan gawang, namun masih melebar. Kedudukan masih imbang tanpa gol.
Satu menit kemudian Bosnia & Herzegovina merespons dengan cepat. Sayang, sepakan Besic dari luar kotak penalti masih melambung tipis ke atas mistar gawang. Dzeko kembali melakukan usahanya di menit ke-20 dan 24, namun kesemua sepakannya mampu dimentahkan Enyeama.
Gol yang dinanti dari partai ini pun lahir pada menit ke-29. Berawal dari penetrasi Emenike dari sayap kanan yang diakhiri dengan crossing mendatar ke muka gawang, Peter Odemwingie yang berdiri bebas tak kesulitan menyepak bola ke sisi kanan gawang. Negeria unggul 1-0! Miralem Pjanic cs tak mampu bereaksi lebih atas gol terebut di sisa waktu. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan sang juara Afrika.
Babak Kedua
Tertinggal satu gol, Bosnia & Herzegovina langsung melancarkan tekanan. Sayang, percobaan Dzeko, yang meneruskan sodoran manis Mujdza dari sayap kanan, masih melambung jauh di atas mistar gawang.
Nigeria bermain lebih ke dalam pada babak kedua ini. Meski begitu, mereka bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-54. Babatunde melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi bola masih sanggup ditepis Begovic. Selepasnya kiper Enyeama yang ganti melakukan penyelamatan. Penjaga gawang utama Super Eagles itu dengan cepat melakukan antisipasi ketika umpan terobosan Pjanic mengarah ke dalam kotak penalti.
Memasuki menit ke 64, Dzeko kembali melakukan usahanya, sayang seribu-sayang, kans yang didapatnya kembali terbuang sia-sia. Mendapat ruang tembak dari jarak 18 yard, sepakan mendatarnya masih melebar ke sisi kanan gawang Nigeria.
Di menit ke-77, percobaan Pjanic dari luar kotak penalti masih mengarah tepat ke pelukan Enyeama, kiper Nigeria ini sungguh brilian sepanjang laga. Terus diserang, Tim Elang Afrika malah nyaris menggandakan keunggulan memasuki menit ke-81. Sepakan keras Onazi secara luar biasa berhasil ditepis Begovic.
Peluang krusial itu jadi momen tersohor terakhir babak penentuan, sebelum Dzeko membuang peluang melalui tembakannya yang mengenai mistar. Bosnia & Herzegovina gagal menyamakan keadaan hingga 90 menit usai. Kemenangan 1-0 membuat peluang Nigeria untuk lolos dari Grup F Piala Dunia 2014 tinggal selangkah lagi.
Susunan Pemain
Nigeria: Enyeama, Yobo, Ambrose, Musa, Odemwingie, Emenike, Mikel, Oshaniwa, Onazi, Babatunde, Omeruo
Bosnia & Herzegovina: Begovic, Spahic, Besic, Pjanic, Misimovic, Dzeko, Mujdza, Sunjic, Lulic, Medunjanin, Hajrovic
LihatTutupKomentar