Profil Jolin Tsai

JOLIN TSAI

Perempuan
15 September 1980, Fu Jen Catholic University
Jolin Tsai
Jolin Tsai lahir pada tanggal 15 September 1980. Dia adalah seorang penyanyi bersuara emas, sekaligus sebagai penari dan aktor. Dia bernaung di bawah Mars Entertainment Ltd. Tsai terjun ke industri hiburan sejak mengikuti kompetisi menyanyi MTV. Akhirnya dia menandatangani konrak dengan Universal Music dan merilis album pertamanya yang berjudul JOLIN 1019. Album keduanya yang berjudul DON'T STOP juga meraih sukses dalam penjualan album. Sayangnya,karir musik Tsai tiba-tiba terhenti akibat adanya konflik yang muncul antara dirinya dengan perusahaan. Tsai kemudian berpindah ke Sony Music Entertainment (Taiwan.

Kesuksesan Tsai sebagai penyanyi ternyata masih berlanjut. Sesaat setelah berpindah label, dia berhasil merilis album ketiganya yang berjudul CASTLE. Album ini kemudian membawanya melakukan tour. Selang beberapa bulan, di tahun yang sama pula dia juga merilis album J-GAME. Album ini terjuak sebanyak satu juta kopi dalam waktu satu bulan.

Pada tahun 2006, Tsai meninggalkan Sony Music Entertainment (Taiwan), dan bergabung dengan EMI Music Taiwan. Dan setelah menelurkan bebrapa album, albumnya yang kedelapan, DANCING DIVA, ternyata lebih sukses dari album sebelumnya. Tahun 2008, dirilislah lagu Inggris pertamanya yang berjudul LOVE EXERCISE. Setahun kemudian, kontraknya dengan EMI Music Taiwan berakhir, dan dia melanjutkan kontrak dengan Warner Music Taiwan dan merilis album ke-10, BUTTERFLY, yang menjadi album paling sukses hingga saat ini. Seterusnya, dia masih terus produktif dengan meluncurkan berbagai album.

Meskipun Tsai yang tertutup dan pemalu, dia belajar bahasa Inggris secara intensif selama muda, dan mengambil jurusan Sastra Inggris di Fu Jen Catholic University. Saat kecil, Tsai mengembangkan minat menyanyinya dan selalu bereksperimen dengan teknik vokal yang berbeda setelah mendengarkan lagu-lagu penyanyi wanita populer seperti Teresa Teng dan Faye Wong.
LihatTutupKomentar