logo blog
Selamat Datang Di Blog ebookHP
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog EbookHP,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Profil Johnnie To

JOHNNIE TO

Laki-Laki
22 April 1955, Hong Kong
Johnnie To
Personal:
Johnnie To adalah seorang sutradara film sekaligus produser asal Hong Kong. Ia lahir di Hong Kong pada tanggal 22 April 1955 dengan nama lengkap Johnnie To Kei-Fung. Dia menyutradarai film dengan berbagai genre, namun di negara barat ia lebih dikenal dengan film-film actionnya. Dia sering membuat film dengan aktor dan screenwriter yang sama dengan mengusung tema seperti persahabatan, takdir, dan pengubahan image negara Hong Kong. To memiliki sebuah rumah produksi di Hong Kong bernama Milkyway Image dengan Wai Ka-Fai sebagai wakil direkturnya.

Karir:
Johnnie To mengawali karirnya di usia 17 tahun sebagai kurir di sebuah studio televisi di Hong Kong, TVB. Ia kemudian menjadi executive produser dan sutradara acara televisi sejak tahun 1973. Pada tahun 1988, ia menjadi asisten sutradara dalam film The Big Heat, yang merupakan film action pertamanya. To mulai terkenal ketika pada tahun 1989, film garapannya yang berjudul All About Ah-Long, dengan bintang Chow Yun-fat, menjadi film unggulan di box office tahun itu.

Setelah mencapai sukses, To mendapat banyak pujian dari kalangan sutradara luar negeri termasuk Quentin Tarantino, yang menyebut film To yang berjudul Election (2005) sebagai “best film of the year”. Lebih dari itu, sejumlah filmnya juga diputar di festival internasional termasuk di Europe and North America. Filmnya yang bejudul Throw Down diputar di Venice International Film Festival. Sedangkan pada tahun 2008, filmnya yang berjudul Sparrow diputar di Berlin International Film Festival. Di Amerika Utara, sejumlah filmnya juga diputar di Toronto International Flm Festival.

Di tahun 2005, To menerima penghargaan “Time Machine Achievement Award” di Festival de Cine de Sitges, yang merupakan festival film paling bergengsi di Eropa. Ia juga dinobatkan sebagai “Filmmaker in Focus” di International Film Festival Rotterdam pada tahun 2007.

Filmography
1980 The Enigmatic Case
1987 Seven Years Itch
1997 Lifeline
1997 Intruder
2000 Help!!!
2005 Election
2009 Tactical Unit – Comrades in Arms
Enter your email address to get update from ebookHP.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017. Ebook HP - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger