Profil Jay Park

JAY PARK

Laki-Laki
25 April 1987, Seattle, Washington
Jay Park
PERSONAL

Lahir di Seattle Washington, 25 April 1987 dengan nama asli Park Jaebum, pria ini adalah penyanyi Korea - Amerika yang tak hanya memiliki kemampuan bernyanyi, namun juga dancer handal, seorang pencipta lagu dan juga aktor yang membintangi film MR IDOL yang sempat tayang di Indonesia.

Jay Park mengembangkan kemampuan dance bersama b-boy crew Art of Movement atau AOM yang memiliki basis di Seattle. Kemampuan dance tersebut akhirnya menjadi ciri khas penampilan Jay Park sebagai penyanyi.

KARIR

Pada tahun 2004, Jay Park menjalani audisi untuk JYPE di Seattle Washington. Jay Park akhirnya terbang ke Korea untuk menjalani training dalam hal dance, rapp, bernyanyi dan Bahasa Korea pada tahun 2005.

Jay Park pertama kali muncul dalam program HOT BLOOD MEN, satu reality show dokumenter untuk memilih member 2AM dan 2PM. Jay Park mengakhiri program tersebut dengan mendapat vote paling besar dari fans, dan akhirnya terpilih sebagai leader dari 2PM.

4 September 2008, bersama dengan 2PM, Jay Park debut dengan lagu 10 Points Out Of 10 di M! Countdown, beberapa hari setelah perilisan album perdana mereka HOTTEST TIME OF THE DAY.


2009

Tahun ini menjadi sejarah yang tidak terlalu menyenangkan bagi Jay Park. Pada tanggal 4 September 2009, satu komentar yang dinilai tidak layak mengenai Korea ditemukan di akun Myspace Jay Park sejak tahun 2005.

Komentar yang ia tulis dalam bahasa Inggris tersebut diterjemahkan oleh media Korea, dan akhirnya menyebar di ratusan artikel berita. Dalam komentar tersebut Jay Park menulis tentang perasaannya selama menjalani hari-hari pertama di negara asing dan jauh dari keluarga, dan tidak bisa berkomunikasi dengan mudah serta kesulitan mempelajari budaya.

Protes yang cukup keras dilayangkan oleh sebagian fans agar Jay Park keluar dari 2PM. Meski demikian CEO JYP Entertainment, Park Jin-young pada tanggal 7 September 2009 mengatakan bahwa Jay Park bakal tetap menjadi bagian dari grup.

Sehari sesudahnya Jay Park mengumumkan melalui fancafe resminya bahwa ia akan meninggalkan grup untuk sementara dan kembali ke Seattle, Washington hingga situasi mereda. Ia juga meminta maaf kepada member 2PM yang lain dan berjanji, "Aku akan kembali sebagai orang yang lebih baik."

Meski demikian, Park Jin-young tiba-tiba memberikan pernyataan mengejutkan bahwa 2PM bakal melanjutkan kegiatan sebagai grup dengan 6 member tanpa Jay Park. Selain itu karena isu sensitif mengenai Jay Park, semua member 2PM ditarik dari berbagai variety show yang mereka bintangi, dan salah satu akibatnya WILD BUNNY ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.


2010

Setelah Jay Park kembali ke Amerika, banyak fans melihat dari perspektif lain. Mereka menyadari bahwa pesan di Myspace Jay Park tersebut diterjemahkan secara keliru, tanpa melihat konteks yang tepat. Meski demikian, pada tanggal 25 Februari 2010 JYP Entertainment mengumumkan bahwa kontrak Jay Park telah diputus. Mereka menyebut Jay Park membuat satu kesalahan personal pada tahun 2010. Meski demikian JYP Entertainment tidak pernah mengungkap detail kesalahan yang dimaksud.

Pengumuman tersebut berpengaruh pada boikot terhadap produk yang di-endorse 2PM. Protes agar Jay Park kembali ke 2PM juga mulai dilancarkan, tidak hanya di Korea namun secara internasional. Berbagai forum yang didedikasikan untuk Jay Park di seluruh dunia mengorganisir protes diam dan flashmob.

15 Maret 2010, Jay Park membuat YouTube channel miliknya, jayparkaom. Video pertama yang diunggah oleh Jay Park adalah video dirinya yang tengah menyanyikan lagu Nothin' on You di kamar mandi dengan rap dan lirik yang ia buat sendiri. Video tersebut mendapat respon cukup besar dan mendapat lebih dari 2.000.000 view kurang dari 24 jam.

Di Korea, lagu original Nothin' on You yang dinyanyikan oleh B.o.B dan Bruno Mars segera memuncaki chart music Cyworld beberapa jam setelah video Jay Park tersebut diunggah. Nothin' on You akhirnya juga meraih posisi puncak di situs music Dosirak, Melon, Mnet, Bugs, dan Soribada.

Pasca video tersebut, di page About Me, Jay Park meninggalkan pesan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh fans, dan meminta fans agar tidak membenci member 2PM lainnya.

2011

Pada tanggal 6 Januari 2011, Jay Park memperoleh penghargaan Best Web Video di seluruh dunia lewat lagu Nothin on You, di ajang Mashable Awards. Pria ini juga mendapat nominasi dalam kategori Must Follow Personality, dan akhirnya berada di posisi ke-2.

Selain itu tanggal 29 Maret 2011, Jay Park dipilih untuk menjadi pembuka konser Ne-Yo di Seoul. Selain itu bersama Ne-Yo, Jay Park juga terlibat program charity untuk anak-anak yang bermimpi menjadi musisi pada tanggal 28 Maret di Dream Academy, Seoul.

Jay Park merilis mini album perdana pada bulan April 2011 berjudul TAKE A DEEPER LOOK dengan single utama Abandoned. Jay Park kembali menjalani debut di Korea setelah dua tahun lewat program Music Bank pada tanggal 7 Mei 2011. Jay Park yang kali ini tampil sebagai artis solo akhirnya memenangkan Music Bank pada tanggal 13 Mei 2011.


2012

Tanggal 11 Januari 2012, Jay Park berhasil meraih penghargaan Disk Bonsang untuk mini album TAKE A DEEPER LOOK dalam ajang bergengsi Golden Disk Awards yang ke-26, dan untuk pertama kalinya digelar di Osaka. Selain itu pada tanggal 18 Januari 2012, Jay Park juga meraih penghargaan Popular Artist Award di ajang Asia Model Awards, yang digelar di Seoul.

Tahun 2012 ini lagu-lagu yang diciptakan oleh Jay Park juga dipakai oleh penyanyi lain. Sebut saja lagu yang ia produseri bersama Cha Cha Malone berjudul Can't Stop dan dibawakan oleh Brian Joo, dalam album EP, REBORN PART 1. Jay Park menulis versi Korea lagu tersebut, sedang Brian Joo menulis versi Inggrisnya.

Selain itu di hari ulang tahunnya yang ke-25, lagu 4u yang ditulis oleh Jay Park dirilis oleh boyband U-Kiss dalam album DORADORA tepat pada tanggal 25 April 2012. Jay Park juga sempat menciptakan lagu Polaris untuk girlband pendatang baru Tiny-G. Lirik dari lagu tersebut ditulis oleh artis Lee Si Young, di mana Jay Park dan Si Young bekerja bersama dalam program Music and Lyrics yang tayang di stasiun MBC.

Jay Park merilis album full berjudul NEW BREED pada bulan Februari 2012, dengan single utama Know Your Name. Jay Park menjalani comeback album tersebut pada tanggal 16 Februari, dan akhirnya memenangkan Music Bank pada tanggal 24 Februari, satu Minggu setelah comeback.

Tanggal 3 Maret 2012, Jay Park menggelar konser tunggal perdana di Seoul, tepatnya di Olympic Hall of Seoul Olympic Park.

Selain itu pada tanggal 27 April 2012, Jay Park mulai menjalani promosi di 5 negara Asia. Promosi ini sendiri akhirnya sampai di Indonesia pada tanggal 9-10 Mei 2012. Pada tanggal 10, Jay Park melakukan showcase di Balai Sarbini Jakarta dan dibuka oleh penampilan SMASH serta Cherry Belle. Selain Indonesia, tur tersebut juga bakal berlangsung di Filipina, Malaysia, Singapura serta Jepang.
LihatTutupKomentar